BMKG NTT Himbau Masyarakat Waspadai Angin Kencang Beberapa Hari Kedepan

0
34

Kupang_KLIKNTT.COM_Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan kemungkinan angin kencang dan kebakaran hutan serta lahan di beberapa Kabupaten, Nusa Tenggara Timur.

Dengan kondisi musim kemarau, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati terhadap potensi angin kencang yang dapat memberikan dampak langsung seperti robohnya papan reklame, pohon tumbang, atau dampak yang tidak langsung seperti meluasnya kebakaran hutan atau lahan.

Ketua BMKG stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si mengatakan untuk puncak angin kencang terjadi pada bulan Agustus lalu. Namun masyarakat NTT harus terus mewaspadai angin kencang yang sedang terjadi beberapa hari terakhir selama musim pancaroba ini.

Hal ini disebabkan karena ada perbedaan tekanan antara Benua Australia dan Benua Asia. Tekanan di Asia sangat tinggi sedangkan di Australia rendah. Sementara itu posisi NTT berada ditengah-tengah wilayah tersebut. Sehingga angin bertiup dari Benua Australia dengan kencang ke Benua Asia melewati wilayah NTT.

“Berdasarkan peta peringatan wilayah-wilayah yang berpotensi angin kencang terjadi di Pulau Timor, Pulau Sabu, dan Pulau Rote sampai 10 September 2020”. Ujar Sudiono.

Untuk seluruh masyarakat di Nusa Tenggara Timur harus tetap berhati-hati dan waspada apabila terpaksa menjalankan kegiatan atau pekerjaan di wilayah tersebut.

Penulis : Kris Nome