Bhabinkamtibmas Seraya Maranu Pantau Penggunaa Dana Desa

0
58

Bhabinkamtibmas Desa Seraya Maranu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Bripka Arafik, sedang memantau pembangunan rumah bantuan salah satu warga di desa setempat. (Foto: Humas Polres Mabar)

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Bhabinkamtibmas Desa Seraya Maranu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, Bripka Arafik selalu aktif dan eksis dalam mengawasi dan memantau penggunaan Dana Desa yang dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Seraya Maranu.

Pada Selasa (15/09/2020), Bripka Arafik turun langsung ke lapangan, memantau pembangunan 5 unit Rumah Layak Huni  (RLH) ukuran 6 x 6 meter di desa setempat. Salah satu rumah yang disambanginya adalah rumah milik Rahman Tarwih, warga RT 011, Dusun 01, Desa Seraya Maranu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Pembangunan 5 unit RLH ukuran 6 x 6 meter tersebut diprakarsai oleh Pemerintah Desa Seraya Maranu, dengan menggunakan anggaran dana Desa Tahun 2020 sebesar Rp 441.305.000, dengan rincian anggaran per rumah masing-masing sebesar Rp 88.261.000. Bripka Arafik menilai pengerjaan dari lima bangunan itu sudah mencapai 90%.

“Alhamdulillah pembangunan RLH milik Bapak Rahman Tarwih sudah hampir rampung, serta pembangunan RLH tersebut dari Dana Desa Tahun 2020,” ungkapnya.

Menurut Bhabinkamtibmas Desa Seraya Maranu itu, pembangunan tersebut merupakan upaya Pemerintah Desa Seraya Maranu untuk menciptakan kesejahteraan warga Desa Seraya Maranu yang membutuhkan tempat tinggal yang layak.

Senada, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Komodo Iptu Firamuddin, S.H., menyampaikan kegiatan tersebut juga dilakukan Bhabinkamtimbas untuk melakukan pengawasan terhadap program pemerintah di masyarakat dalam upaya pencegahan penyelewengan dana bantuan bagi masyarakat.

“Selain memantau penggunaan Dana Desa, Bhabinkamtibmas juga diminta agar terus mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19 dengan cara 4M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mencuci Tangan) serta memberikan imbauan Pilkada serentak 2020 demi mewujudkan Pilkada yang netral, jujur, adil, aman, tertib dan kondusif,” ujar Kapolsek Komodo. (yrh)