Diduga Membuang Puntung Rokok Sembarangan, Api Nyaris Melahap Rumah Warga di Aeramo

  • Bagikan

Nagekeo, KLIKNTT.COM-Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) kembali berhasil memadamkan api yang melahap lahan kosong dekat perumaham warga Aeramo, kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT. Sabtu, (03/10/2020).

Salah satu Warga Aeramo Kasianus Sebho saat di Konfirmasi melalui Via Inboks Facebook pada Sabtu, 03/10 membenarkan bahwa ada kejadian kebakaran tersebut.

“Kejadian barusan ini, dan Mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api pada saat yang tepat.

Kasianus mengaku kebakaran hutan yang disebabkan oleh ketidaksengajaan manusia bisa terjadi semisal karena puntung rokok yang dibuang di area hutan atau pembakaran sampah, dan berbagai kelalaian lainnya.

Menurutnya Kebakaran jenis ini kerap terjadi di hutan-hutan pada bukit-bukit savana yang kerap dikunjungi pencinta alam maupun wisatawan lokal seperti kebakaran pada akhir September ini.

“Karena itu diperlukan kewaspadaan bagi para penggiat kegiatan diĀ outdorĀ dan masyarakat di sekitar hutan. Kelalaian kecil semisal meninggalkan bekas perapian yang masih memiliki bara api atau membuat puntung rokok mampu memicu kebakaran hutan. Ada oknum yang diduga tidak bertanggungjawab yang dengan sengaja membuang Puntung Rokok. Kemudian api juga nyaris mengancam rumah warga di sini. Mungkin ada orang yang sengaja membuang Puntung rokok sehingga apinya dengan cepat merambat. Tapi semuanya berjalan sesuai rencana karena Mobil damkar datang langsung ke lokasi.

Kasianus melanjutkan bahwa tidak ada Korban atau kerugian apapun saat terjadi kebakaran tersebut.

“Untuk kerugiannya tidak ada. Hanya lahan kosong warga yang sebagian hangus dilahap si jago merah.

Dirinya berharap kejadian tersebut jangan sampai terulang lagi.

“Oknum yang sengaja harus diberikan sangksi agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan banyak orang.

(Vian Dhalu)

  • Bagikan