Mateus Hamsi Tidak Dukung Paslon yang Diusung Partai

0
791

Mateus Hamsi, mantan Ketua DPD II Golkar Mabar tiga periode. (Foto: klik-ntt.com)

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Salah Satu Tokoh Partai Golkar Manggarai Barat (Mabar), Flores, NTT, Mateus Hamsi tidak mendukung pasangan calon (Paslon) yang diusung Partai berlambang pohon beringin itu, pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mabar tahun 2020. Mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Mabar tiga periode tersebut lebih memilih untuk mendukung Paslon Pantas-Riski, yang nota bene didukung Partai Demokrat, PPP dan PKS.

“Saat ini saya punya sikap politik untuk mendukung paslon Pantas-Riski,” tandas Mateus kepada klik-ntt.com di kediamanya di Wae Nahi, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Mabar, Jumat (9/10/2020).

Alasan Mateus mendukung Paslon dari luar Partai yang pernah dinahkodainya selama tiga  periode itu, adalah karena menurutnya Pantas-Riski adalah pasangan yang ideal dan harmonis, juga yang bisa mengangkat simbol keberagaman di Mabar.

“Saya pikir ini paket yang sangat ideal, sangat bagus, karena salah satunya dari birokrasi, satunya lagi dari dunia usaha dan pernah jadi anggota DPRD selama setahun. Kombinasi ini sangat bagus sekali”, terangnya.

Selanjutnya, dia katakan, “jika keduanya terpilih, maka terjadi perpaduan yang sangat harmonis, sesuai kemajemukan kita di Manggarai Barat ini”.

Alasan lain mantan Ketua DPRD Mabar tiga periode tersebut mendukung Pantas-Riski, adalah karena menurutnya figur Pantas Fredinandus memiliki sikap tegas dan berani bertindak. Apalagi, lanjutnya, Pantas adalah seorang birokrat tulen yang tahu dan paham perihal birokrasi.

“Pantas-Riski ini paket yang sangat harmonis. Sangat cocok untuk memimpin Manggarai Barat. Mereka ini tegas, cepat bertindak dan mempunyai pengalaman”, terangnya.

Mateus sangat optimis, Paslon yang didukungnya akan menang pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Optimisme ini lahir dari pembacaannya terhadap arah peta politik, yang menurutnya berubah usai dirinya tidak ditetapkan sebagai Calon.

“Real politik pada saat ini tentu berubah. Peta politiknya berubah. Dengan saya tidak masuk kemarin ini, pemilih loyalis saya, walaupun tidak 100%, saya yakin pilihan mereka mau tidak mau harus Pantas-Riski”, jelasnya optimis.

Tak Semua Kader Golkar Dukung Paslon yang Diusung

Mateus Hamsi, figur yang juga berjasa membesarkan Golkar Mabar, menilai tidak semua pengurus partai Golkar di tingkat Kabupaten hingga Kecamatan di Mabar mendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung oleh partai berlambang pohon beringin itu.

Hal ini, menurutnya, karena figur calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung partai tersebut tidak sesuai dengan keinginan mereka.

“Tidak semua pengurus partai di kabupaten hingga kecamatan itu dukung paslon yang diusung oleh Partai Golkar. Karena memang tidak sesuai dengan keinginan mereka, terlebih di Dapil I,” pungkas Mateus.

Penulis : Rudi Haryatno