Peduli Lingkungan, Kapolda NTT Pungut Sampah di Pantai Pede Labuan Bajo

  • Bagikan

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. sedang memungut sampah dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Peduli Lingkungan, di Pantai Pede Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (10/10/2020). (Foto: Humas Polres Mabar)

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. turun langsung dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Peduli Lingkungan, di Pantai Pede Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (10/10/2020) pagi. Terpantau, Kapolda Lotharia Latif, S.H., M.Hum. membersihkan sampah yang berserakan di area wisata pantai tersebut.

Dalam sambutan sebelum kegiatan Baksos berlangsung, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. menegaskan, bahwa sampah plastik harus diperangi secara bersama, terlebih di Labuan Bajo yang telah ditetapkan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai destinasi wisata Super Premium. Menurutnya, menjaga kebersihan harus menjadi kewajiban bersama demi meningkatkan pariwisata di Labuan Bajo.

Kapolda NTT pun berharap agar seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait bersama TNI-Polri menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, baik pantai maupun beberapa tempat wisata lainnya. Selain itu, dia juga mengingatkan, untuk budayakan hidup bersih.

“Kita harus budayakan bahwa kebersihan itu adalah salah satu bagian hidup masyarakat di Labuan Bajo. Kita harus selalu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Jika kebersihan di Labuan Bajo tidak terjaga dan diperhatikan dengan baik, makan bukan tidak mungkin menurutnya, keinginan wisatawan untuk mengunjungi Labuan Bajo akan berkurang.

Sebaliknya, menurut dia, jika daerah atau kota memiliki lingkungan yang bersih, maka bukan tidak mungkin akan mendapat citra yang baik dan tentunya berdampak pada peningkatan pariwisata di Labuan Bajo.

Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. pun mengimbau, agar seluruh masyarakat yang datang berekreasi di kawasan pantai Labuan Bajo, bila perlu bawa serta kantong plastik. Ini dimaksudkan agar sampah sisa makanan atau minuman dimasukan terlebih dahulu ke dalam kantong plastik, kemudian dibuang ke tempat sampah.

“Sampah–sampah yang mau dibuang, terlebih duhulu dimasukan dalam kantong, lalu dibuang ke tempat sampah, tidak boleh ada yang berserakan. Karena plastik-plastik ini yang membuat lingkungan tercemar, akibatnya nanti masyarakat tidak nyaman”, imbuhnya.

Dalam kegiatan Baksos tersebut, Kapolda NTT didampingi Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. Grendie Teguh Pidegso, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos., S.I.K., Kabiddokes Polda NTT Kombes Pol. dr. Sudaryono, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. dan Komandan Kompi 4 Batalyon B Pelopor Labuan Bajo, Iptu Raimundo De Jesus, S.H. serta Pejabat Utama (PJU) Polres Manggarai Barat.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 wita hingga pukul 10.30 wita tersebut, selain diikuti Polri dan TNI, juga hadir sejumlah pemuda yang tergabung dalam Himpunan Pemuda Batu Cermin (HIPBC) serta komunitas pemerhati lingkungan lainnya.

Penulis : Rudi Haryatno

  • Bagikan