Peringati Hari Sumpah Pemuda: Milenial Misi Bersihkan Pantai Wae Cicu

0
159

Anggota Milenial Paket Misi sedang memungut sampah yang berserakan di tepi Pantai Wae Cicu, Mabar, Flores, NTT, Rabu (28/10/2020).

Labuan Bajo_KlikNTT.Com_Asosiasi pemuda Manggarai Barat (Mabar) yang mendukung pasangan calon (paslon) Maria Geong-Silverius Syukur (Misi) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mabar tahun 2020 memperingati hari sumpah pemuda dengan menggelar aksi bakti sosial (Baksos) pungut sampah di Pantai Wae Cicu, Kecamatan Komodo, Mabar, Flores, NTT, Rabu (28/10/2020).

Asosiasi pemuda yang dibabtis dengan sebutan Milenial Misi ini memungut sampah di bibir Pantai Wae Cicu, sepanjang kurang lebih 200 meter. Selain di pantai, aksi bersih sampah juga dilakukan di laut. Dalam kegiatan tersebut, mereka berhasil mengumpulkan kurang lebih 12 karung sampah plastik dan sampah laut lainnya.

Ari Bero, koordinator Milenial Misi Kuwus Barat, yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menegaskan, bahwa kegiatan baksos yang berlangsung di salah satu spot wisata pantai di Mabar itu bertujuan, selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, juga untuk menyadarkan kaum muda Mabar perihal pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Kegiatan ini juga bertujuan, supaya teman-teman pemuda dan pemudi di Manggarai Barat ini mempunyai kesadaran, bahwa kebersihan itu sangat penting,” terangnya kepada klik-ntt.com.

Menurut Ari, adalah sia-sia jika kita mengikrarkan janji Sumpah Pemuda, tanpa ada aksi nyata. Janji tanpa aksi itu, menurutnya tidak bermanfaat.

“Kegiatan baksos ini memang sudah kami rencanakan. Sebab menurut kami, jika hanya ikrar janji Sumpah Pemuda saja, itu tidak ada manfaatnya. Menurut kami, salah satu kegiatan yang bermanfaat itu pungut-pungut sampah di pinggir pantai,” jelasnya.

Senada, penasehat Milenial Paket Misi, Yosep Mindjo, sebagaimana dikutip dari ntt.indonesiasatu.id menerangkan, bahwa aksi pungut sampah tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian anak-anak Milenial paket Misi terhadap kebersihan pantai dan laut.

“Kita melaksanakan kerja bakti bersama pemuda dan pemudi milenial Misi membersihkan sampah di pantai dan laut Wae Cicu sebagai wujud kepedulian bersama atas kebersihan pantai dan laut”, kata Jose.

Dia menambahkan, baksos di pantai Wae Cicu itu dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang ada di laut dan pantainya. Apalagi Labuan Bajo saat ini, menurutnya, sudah menjadi kota destinasi pariwisata super premium.

“Akhir-akhir ini kita lihat sudah banyak sampah di pantai dan laut, terutama di pantai Wae Cicu ini. Makanya kita mengajak adik-adik Milaneal Paket Misi sama-sama lakukan bersih pantai,” ucap Jose.

Jose mengajak masyarakat Labuan Bajo untuk selalu respon dan respect  dalam membersihkan pantai, dan peduli dengan kebersihan pantai dan laut.

Kegiatan baksos yang dikuti oleh 30-an pemuda perwakilan Milenial Misi setiap Kecamatan itu didahului dengan pengikraran Sumpah Pemuda di bukit Amelia, Kecamatan Komodo, Mabar, Flores, NTT.

Setelah mengikrarkan Sumpah Pemuda, mereka bergerak menuju Pantai Wae Cicu. Di sana mereka menggelar deklarasi Milenial Mabar mendukung Misi, kemudian diikuti dengan baksos bersih pantai dan laut Wae Cicu.

Penulis : Rudi Haryatno