Kejari Kabupaten Kupang Musnahkan BB Berkekuatan Hukum Tetap

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang bersama jajaran memusnahkan sejumlah Barang Bukti (BB) dari perkara yang telah berkekuatan Hukum Tetap (Inkracht).

Pemusnahan BB yang telah berkekuatan tetap merupakan tugas dan wewenang kejaksaan sebagaimana amanat regulasi yang berlaku.

Kajari Kabupaten Kupang,  Shirley Manutede, SH, M.Hum, Selasa(10/11) mengatakan, pada momen hari Pahlawan pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang mengadakan kegiatan pemusnahan Barang Bukti yang perkaranya telah berkekuatan hukum tetap.

Menurutnya, pemusnahan BB telah sesuai amanat Pasal 270 KUHAP bahwa pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dilakukan oleh Jaksa serta Pasal 30 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 16 tahun 2004, tentang Kejaksaan RI.

Bahwa tugas dan wewenang Kejaksaan adalah melaksanakan penetapan Hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Tujuan pemusnahan BB ini guna melaksanakan eksekusi atau pelaksanan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, serta pengamanan dan mencegah penyalahgunaan BB yang ada di kantor Kejari Kabupaten Kupang.

“Tidak semua barang bukti perkara dimusnahkan. Karena ada juga yang dikembalikan dan ada juga yang dirampas untuk negara. Kali ini yang dimusnahkan adalah barang bukti yang dirampas untuk dimusnahkan”, Ujarnya.

Adapun BB yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkhracht) yang dimusnahkan adalah BB perkara dari bulan Oktober 2019 sampai dengan bulan November tahun 2020.

Jenis BB yang dimusnahkan antara lain, Pakaian Bekas 1.661 karung, Minyak Urut (botol Celebes Spray) 2.035 botol.

Pelaksanaan turut di hadiri oleh Kapolres Kupang, AKBP, Aldinan Manurung, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Kepala Rupbasan Kupang, Perwakilan dari Bea Cukai Kupang, dan sel pegawai kejari Kabupaten Kupang. (***).

  • Bagikan