Akses Internet di Amfoang Akan Teratasi

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Masalah Internet yang selama ini menjadi hambatan terkhusus di Wilayah Amfoang Barat Daya dan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, NTT akan segera teratasi.

Hal ini terungkap saat sejumlah Aliansi Organisasi yakni Persatuan Mahasiswa Kabupaten Kupang (Permaskku), Persatuan Mahasiswa Amfoang Timur (Permatim), Solidaritas Pemuda Amfoang (Sufa) dan sejumlah tokoh pemuda bersama Wakil Bupati Kupang dan Telkomsel di Ruang Rapat Wakil Bupati Kupang Senin,(01/03) siang.

Pantauan media ini, beberapa Aliansi Organisasi Masyarakat tersebut menyampaikan Aspirasi-aspirasi masyarakar yang menjadi hambatan yakni, para Anak-anak yang duduk dibangku pendidikan sebagai mana memyelesaikan persekolahan di tengah pandemi Covid dengan menggunakan Internet, aktifitas Kesehatan yang menggunakan Internet, dan para ASN yang ingin mengikuti kegiatan Dinas secara Virtual.

Menanggapi masalah terebut, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe kepada awak media mengatakan melihat beberapa masalah yang terjadi yakni, jaringan Internet terganggu sehingga sudah didiskusikan bersama pemuda Amfoang serta General Maneger Telkomsel terkait langkah penyelesaiannya.

“Sudah ada titik temu terkait beberapa hal mengenai jaringan yang akan ditangani oleh telkomsel namun sekarang masih cuaca hujan sehingga terkendala dan harus menunggu. Setelah dilihat cuacanya sudah bagus baru akan ada tindak lanjut”, beber Manafe.

Selain jaringan Internet, masalah listrik di Amfoang juga menjadi persoalan namun sudah ada penyelesaian bersama pihak PLN dimana listrik disana telah menyala, serta jembatan Termanu juga dalam proses agar bisa terselesaikan.

“Jadi melihat beberapa persoalan yang terjadi yang berkaitan dengan internet yang dialami oleh saudara-saudari kita di amfoang maka hari ini GM Telkom, dan juga GM dari PT Telkomsel sudah duduk bersama dan bahas. Inilah yang saya senang dan langkah maju yang selalu membuahkn hasil dan akan ditindak lanjuti. Serta jembatan termanu sudah dalam waktu dekat sudah di tender”, pungkas Manafe.

Sekretaris Permasku Sufa, Bernat Taneo sangat berharap agar Pemerintah Kabupaten Kupang dapat bekerja sama dengan pihak Telkomsel sehingga bisa membantu menyelesaikan keluhan masyarakat amfoang.

Akses Internet menjadi kebutuhan masyarakat apalagi segala pekerjaan mesti menggunakan Internet termasuk pelayanan Pemerintahan, Pendidikan, apalagi kebijakan WFH sangat bergantung dengan ketersediaan jaringan Internet.

Persoalan yang urgent ini ujarnya harus segera diatasi secepatnya sehingga pelayanan umum bagi masyarakat bisa berjalan dengan baik. Jika tidak segera teratasi maka akan berdampak buruk bagi masyaralat.

“Pelayanan pemerintahan, pelajar dan mahasiswa harus belajar melalui zoom dimana pengiriman file mengunakan internet dan warga penguna internet harus bersusah payah mencari jaringan hingga dibibir pantai”, beber Taneo.

Sementara General Manager Telkomsel Area Kupang, Arif mengatakan bahwa Telkomsel akan menjawab apa yang menjadi kebutuhan Warga Amfoang, namun sementara masih dalam proses diskusi dan sosialisasi bersama.

Ia juga berharap bahwa kedepan Telkomsel akan mensuport jaringan dengan mendistribusikan jaringan itu di NTT khususnya di Kabupaten Kupang sehingga kebutuhan masyarakat akan jaringan terpenuhi. (Boy)

  • Bagikan