Wabup Kupang, ‘Kita Harus Bangun Koordinasi Jika ada Kesulitan Dalam Penanganan Covid-19’

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe kembali memimpin rapat evaluasi penanganan Covid–19 Tingkat Kabupaten Kupang Jumat,(26/02) lalu.

Dalam rapat tersebut, Salah satu poin penting yang Ia ingatkan yakni, Tim harus membangun koordinasi yang baik jika ada kesulitan dan hambatan agar segera dicarikan solusinya.

Turut hadir, Asisten 1 Setda Kab. Kpg, Kris Patmawan, Kapolres Kupang, AKBP Aldinan Manurung, Pasi Intel Kodim 1604/Kupang, para camat se- Kab. Kupang, Kepala Puskesmas, LSM dari CIS Timor, Kepala PMD, Kadis Kesehatan, Direktur RSU Naibonat serta undangan lainnya yang tergabung dalam satgas penanganan Covid-19.

Kepada para camat selaku Satgas di Kecamatan, “Dirinya mengingatkan untuk selalu bangun koordinasi dengan Satgas Kabupaten manakala jika temui kesulitan, hambatan bisa segeranya dicarikan solusi. Saya ingatkan agar berkoordinasi itu penting, apalagi kalau bencana manusia yang mendunia seperti ini butuh kecepatan, ketepatan, dan jangan ada kata menunda”, Tegas Jerry,

Camat itu harus mampu berinovasi di tengah situasi pandemi saat ini.

Dengan upaya bisa mendapatkan tempat pemakaman covid yang aman, melihat wilayah Kab. Kupang yang luas dan banyak lahan tanah yang kosong, camat bersama dengan stake holder di Desa maupun kecamatan diminta untuk masing-masing kecamatan mempunyai tempat pemakaman Covid sendiri.

Dengan syarat lokasinya tidak boleh di ketinggian dan dekat sumber air. Jarak yang cukup jauh antar kecamatan ke kecamatan tidak mungkin tempat pemakaman hanya ada di satu tempat saja. Diupayakan segera.

Selain itu, hidupkan kembali Portal-portal penanggulangan Covid-19 di Kecamatan-kecamatan untuk mencegah peningkatan penyebaran Covid.

Diharapkan para Camat bisa segeranya menyusun RKB (Rencana Kebutuhan Biaya) lalu masukan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten untuk bisa ditindak lanjuti. Dan penyusunan RKB ini jangan dilakukan camat sendiri libatkan stakeholder.

Sementara peran Puskesmas dalam melakukan deteksi dan respon di dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 terus diingatkan Jerry, bersama semua tim Satuan Tugas Kabupaten, peran puskesmas di Kecamatan sebagai titik utama dan terdepan sebab paling dekat dengan masyarakat.

Untuk semua pihak, sama-sama memberi edukasi akan pentingnya Protokol Kesehatan dan juga penanganan Covid-19 melalui upaya 3T : tindakan melakukan tes Covid-19 (Testing), penelusuran kontak erat (Tracing) dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment).

Sebelum mengakhiri rapat, peringatan tambahan dari Wabup Jerry ialah waspada virus demam babi Afrika (ASF) yang mulai mewabah. (Humas Kab. Kupang-***).

  • Bagikan