Disnakertrans Belum Mengantongi Data PraKerja dan Angkatan Kerja di Nagekeo

  • Bagikan

Nagekeo,_KlikNTT.Com_- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nagekeo, belum mengantongi data yang valid terkait perkembangan penyerapan peserta kartu Pra Kerja dan jumlah angkatan kerja di Kabupaten Nagekeo, Propinsi Nusa Tenggara Timur.Hal ini disampaikan Kepala DinasTenaga Kerja dan Transmigrasi  Kabupaten Nagekeo, Marselinus Lowa,Kepada Media ini di ruang kerjanya Senin (08/03/2021)

” Dinas Transnaker kabupaten Nagekeo tidak mengantongi data secara menyeluruh terkait serapan angkatan muda kabupaten Nagekeo yang telah mendaftar maupun lulus seleksi Kartu Pra Kerja.

Marselinus Menambahkan yang menyebabkan sehingga kami pihak dinas tidak memiliki data dikarenakan setiap angkatan muda Nagekeo yang mendaftar Pra Kerja dilakukan secara mandiri via pendaftaran  online pada laman resmi kementrian Tenaga Kerja dan Transmigran Republik Indonesia yakni www.prakerja.co.id.

“Kita tidak ada data soal jumlah anak -anak  yang ikut pra kerja. soalnya mereka daftar secara onlie langsung ke kementrian. kita ada data cuma yang di gelombang pertama dan kedua, itu mereka yang daftar secara offline di kantor, tapi setelah lulus mereka tidak lapor lagi” terang kadis Transnaker kabupaten Nagekeo.

lanjut Marselinus kesulitan dinas Transnaker kabupaten Nagekeo untuk mengakses data jumlah peserta kartu Pra Kerja kabupaten Nagekeo yang telah lulus seleksi Kartu Pra Kerja adalah Dinas tidak diberi kewenangan untuk mengakses website pra kerja kementrian Transnaker Republik Indonesia.

“kami tidak bisa tau secara detail karena kita tidak dikasih kewenangan untuk mengakses website kartu Pra Kerja. Upaya kita kita kemarin untuk mengakomodir mereka yang kita fasilitasi   pada pendaftaran gelombang 1 dan 2 dengan membentuk grup Wa, tapi selanjutnya mereka tidak konfirmasi, apakah mereka lulus atau tidak sampai sekarang ini. Kami belum tau, dari kementrian juga belum informasikan ke kita” kata Marselinus.

Sedangkan jumlah angkatan kerja di kabupaten Nagekeo diakui Marselinus Lowa bahwa Dinas terkait juga tidak mengantongi data sama sekali.

Tambah Marselinus acuan data mereka terkait jumlah angkatan kerja kabupaten Nagekeo adalah hasil sensus yang dilakukan Badan Pusat Statistik ,(BPS) kabupaten Nagekeo. Namun hingga sekarang BPS belum merilis secara resmi hasil sensus penduduk yang dijalaninya, sehingga Disnaker belum mengantongi secara pasti jumlah angkatan kerja di kabupate Nagekeo.

“Jadi basis data kita sebenarnya ada di BPS. Tapi sampai sekarang BPS belum lapor hasil sensus penduduk tahun 2020 kemarin.” ***Jef Wegu***

  • Bagikan