Warga Desa Oemasi dan Pelajar Antusias Mengikuti Vaksinasi Covid–19

  • Bagikan

Nekamese_KlikNTT.com- Sebagian Warga Desa Oemasi dan Pelajar yang berumur 12 hingga 17 Tahun sangat antusias mengikuti vaksinasi tahap satu jenis Sinovac dan juga Dosis II Sinovac untuk Masyarakat umum dan Lansia hari Selasa,(14/09) di Kantor Desa Oemasi, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang.

Pengelola Puskesmas Oemasi, Lusia Dalong, S. Kep., NS ketika diwawancarai media mengatakan bahwa kegiatan Vaksinasi hari ini berjalan dengan baik, dan antusias Masyarakat di Desa Oemasi cukup tinggi untuk menetima vaksinasi Covid–19.

Hari ini kurang lebih tujuh puluan remaja siap menerima Vaksin. Masyarakat umum juga sekitar 80 persen siap menerima vaksin, sementara vaksin AstraZeneca dilayanai untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

“Kalau untuk remaja jenis vaksin sinovac, dosis pertama usia 12 tahun sampai 17 tahun dan untuk masyarakat umum dosis pertama kita berikan astrazeneca”, jelas Lusia.

Lebih lanjut, hari ini juga kurang lebih tujuh puluan masyarakat umum dan lansia yang di vaksin kedua yakni sinovac. Terkait dengan keluhan dari masyarakat usai vaksin, hingga saat ini Ia mengaku bahwa belum ada keluhan berat dari masyarakat yang disampaikan ke puskesmas.

Yang disiapkan dari puskesmas menargetkan untuk vaksin sinovac sekitar 120 viall berdasarkan stok vaksin yang ada untuk Desa Oemasi namun, karena antusias Masyarakat yang cukup tinggi sehingga pihaknya menamba vaksin sinovac. Jadi yang sebenarnya ditergetkan 120 viall tetapi yang divaksin 150 sasaran.

Ia menambahkan bahwa untuk tenaga medis yang membantu pelayanan vaksin selain dari puskesmas oemasi, ada juga dari Dinas Kesehatan yang pernah memonitoring 2 Orang waktu vaksin di Desa Usapi Sonbai, sementara dari Puskesmas Oemasi sekitar Dua puluan orang yang turut serta dalam vaksinasi. Tetapi dalam satu tim 8-10 orang.

“Kita tim vaksinator di nekamese ini kita tidak melakukannya sendiri tetapi didampingi dari tim keamanan yakni, TNI, Polri, dan juga Pol PP”, beber Lusia.

Kepala Desa Oemasi, Antonius Konis kepada media menagatakan, kalau berkaitan dengan kegiatan vaksinasi di Desa Oemasi ini merupakan vaksin yang ke empat. Mulai dari perangkat Desa, pelayan publik, Pelajar, Remaja, dan Masyarakat umum sudah mencapai 90 persen, hampir selesai.
Dirinya juga selalu menghimbau kepada Masyarakat agar sadar untuk mengikuti vaksinasi, karena vaksin ini merupakan hal yang sangat penting. Sehingga ia menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang sangat antusias untuk mengikuti vaksin.

“Jadi ini juga merupakan saru kerja sama yang baik dari Bhabinkamtibmas, Bhibinsa dan Pol PP, serta semua element sehingga ini bisa berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada Masyarakat Desa Oemasi yang belum mendapatkan pelayanan vaksinnasi, agar pada kesempatan berikut bisa hadir untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

Sementara penerima vaksinasi, Estilia Amtiran warga Desa Oemasi pada kesempatan tersebut ketika dimintai tanggapan terkait mengatakan,  Awalnya, Ia memang mempunyai rasa takut, namun setelah divaksin tidak takut lagi.

“Awalnya ada rasa takut, tapi setelah dapat vaksin sonde takut lagi dan tidak ada gejala apa-apa”, pungkasnya. (Boy)

  • Bagikan