Warga Kecamatan Nekamese Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Desa Tunfeu

  • Bagikan

Nekamese_KlikNTT.com- Sebagian Warga Kecamatan Nekamese sangat antusias mengikuti Vaksibasi massal di Desa Tunfeu, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Senin,(20/09) sekitar pukul,(09:00) wita.

Yosef Lede, Anggota DPRD Kabupaten Kupang ketika diwawancarai awak media mengatakan, dalam mensukseskan program vaksinasi Covid–19 secara Nasional, Anggota DPRD Kabupaten Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksin di Lima Kecamatan yakni Kecamatan Nekamese, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, Kecamatan Semau, dan Semau Selatan.

Sehingga hari ini dilaksanakan di Kecamatan Nekamese yang bertempat di Kantor Desa Tunfeu. Jenis vaksin yang diberikan ke masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kecamatan Nekamese adalah vaksin Sinovac dan Astrazeneca dosis pertama serta dosis kedua kepada masyarakat di Lima Kecamatan.

Kegiatan vaksin ditujukan terutama, bagi generasi muda usia 12–18 tahun serta masyarakat lainnya baik yang sudah pernah menerima vaksin dosis pertama dan yang belum pernah divaksin.

“Ini merupakan inisiatif pribadi, dan juga tanggung jawab bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, sekalian kita sukseskan program vaksinasi nasional dan pemerintah kabupaten kupang”, jelasnya.

Tujuan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk menciptakan health imunity, juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid di Kabupaten Kupang. Untuk itu diperlukan kerjasama dengan semua stakeholder apalagi bertepatan dengan PPKM Level 4 di Kabupaten Kupang saat ini.

Gerakan vaksinasi massal di enam Kecamatan dapat dilakukan juga oleh pihak lainnya sehingga harapan bersama agar semua masyarakat di Kabupaten Kupang seratus persen divaksin.

Ia menghimbau seluruh masyarakat agar tidak perlu takut divaksin, sebab vaksin ini telah melewati beberapa tahapan uji klinis, vaksin sangat aman bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Robert A. J. Amaheka memberi apresiasi atas inisiatif Anggota DPRD menggelar kegiatan vaksin bagi masyarakat.

Ia mengatakan, upaya memutus penyebaran covid–19 bukan semata-mata kerja dari Dinas Kesehatan, diperlukan kerjasama lintas sektor.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat 5M, langkah terakhir yaitu melakukan vaksinasi yang merupakan pilar keempat arahan Menteri Kesehatan RI.

Menurutnya, untuk mencapai health imunity maka masyarakat Kabupaten Kupang yang berjumlah kurang lebih 285 ribu orang harus mendapatkan vaksinasi.

Saat ini Kabupaten Kupang telah berada pada kisaran angka 96 ribu lebih atau sekitar 33 persen masyarakat telah divaksinasi. Ia menargetkan sebelum selesai bulan Desember 2021 sudah setengah jumlah atau 50 persen masyarakat telah divaksinasi.

Vaksinasi massal merupakan strategi untuk mencapai target diatas, untuk menggerakkan massa itu perlu kerjasama dengan pihak lain.

“Saya menyambut baik inisiatif dari pak Yosef Lede untuk membantu Dinas Kesehatan menggerakkan masyarakat, kita berkolaborasi melaksanakan vaksin. Saya berharap jangan hanya pak Yosef Lede tapi semua yang lain ikut tergerak membantu Dinas Kesehatan, agar di bulan Desember itu sudah banyak yang terselamatkan”, Ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang menyiapkan 500 dosis vaksin untuk setiap Kecamatannya, jumlah itu dapat bertambah tergantung jumlah masyarakat yang hadir. Tenaga medis yang disiapkan yakni dari Puskesmas Oemasi, dibantu juga oleh tenaga media Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang sekitar 20 orang.

Sementara Elehut Nainatun, warga Desa Besmarak mengatakan, sebagai masyarakat, Ia sangat berterima kasih karena karena ketika masyarakat tau bahwa covid–19, maka dengan diselenggarakan vaksinasi massal ini, masyarakat sangat antusias mengikuti vaksin massal.

Ia juga mengikuti vaksin yang kedua, setelah mendapat vaksin pertama tidak ada gejala-gejala apa pun. Sehingga Ia berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah bekerja sama dengan DPRD Kabupaten Kupang untuk mengadakan vaksinasi massal pada hari ini. (Boy)

  • Bagikan