DPRD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Mengadakan Vaksinasi Massal di Kelurahan Teunbaun

  • Bagikan

Amarasi Barat_KlikNTT.com- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang mengadakan Vaksinasi Covid–19 massal hari kedua di Kelurahan Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Selasa,(Selasa 21/09) sekitar pukul,(10:00).

Yosef Lede, Anggota DPRD Kabupaten Kupang ketika diwawancarai media mengatakan, untuk mensukseskan program vaksinasi Covid–19 secara Nasional, Anggota DPRD Kabupaten Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksin di Lima Kecamatan yakni Kecamatan Nekamese, Amarasi Barat, Amarasi Selatan, Kecamatan Semau, dan Semau Selatan.

Sehingga hari ini merupakan hari kedua dilaksanakan di Kecamatan Amarasi Barat. Jenis vaksin yang diberikan ke masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kecamatan Amarasi Barat, yakni vaksin Sinovac dan Astrazeneca dosis pertama serta dosis kedua kepada masyarakat di Lima Kecamatan.

Kegiatan vaksin ditujukan terutama, bagi generasi muda usia 12–18 tahun serta masyarakat lainnya baik yang sudah pernah menerima vaksin dosis pertama dan yang belum pernah divaksin.

“Ini merupakan inisiatif pribadi, dan juga tanggung jawab bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, sekalian kita sukseskan program vaksinasi nasional dan pemerintah kabupaten kupang”, jelasnya.

Tujuan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk menciptakan health imunity, juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid di Kabupaten Kupang. Untuk itu diperlukan kerjasama dengan semua stakeholder apalagi bertepatan dengan PPKM Level 4 di Kabupaten Kupang saat ini.

Gerakan vaksinasi massal di Limas Kecamatan dapat dilakukan juga oleh pihak lainnya sehingga harapan bersama agar semua masyarakat di Kabupaten Kupang seratus persen divaksin.

Ia menghimbau seluruh masyarakat agar tidak perlu takut divaksin, sebab vaksin ini telah melewati beberapa tahapan uji klinis, vaksin sangat aman bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Robert A. J. Amaheka memberi apresiasi atas inisiatif Anggota DPRD menggelar kegiatan vaksin bagi masyarakat. Karena ini sebagai upaya untuk memutus penyebaran covid–19 bukan semata-mata kerja dari Dinas Kesehatan, diperlukan kerjasama lintas sektor.

Beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat 5M, langkah terakhir yaitu melakukan vaksinasi yang merupakan pilar keempat arahan Menteri Kesehatan RI.

Untuk mencapai health imunity maka masyarakat Kabupaten Kupang yang berjumlah kurang lebih 285 ribu orang harus mendapatkan vaksinasi.

Saat ini Kabupaten Kupang telah berada pada kisaran angka 96 ribu lebih atau sekitar 33 persen masyarakat telah divaksinasi. Ia menargetkan sebelum selesai bulan Desember 2021 sudah setengah jumlah atau 50 persen masyarakat telah divaksinasi.

Vaksinasi massal merupakan strategi untuk mencapai target diatas, menggerakkan massa itu perlu kerjasama dengan pihak lain. Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang menyiapkan 500 dosis vaksin untuk setiap Kecamatannya, jumlah itu dapat bertambah tergantung jumlah masyarakat yang hadir.

Kepala Puskesmas Baun, Melthon Pariukas ketika diwawancarai media mengatakan, Untuk Kecamatan Amarasi Barat sasaran Vaksinasi Covid–19 berjumlah 11.272 Orang, dan saat ini Amarasi Barat melakukan vaksinasi putaran ke empat. Cakupan yang dileroleh putaran ke empat ini sudah mencapai 61 persen atau sekitar 7000 Orang lebih yang telah divaksin.

Selain Masyarakat umum yang mengikuti vaksin, Puskesmas Baun sudah mulai melayani vaksin bagi pelajar yang berusia 12-17 Tahun, dan itu sasarannya bagi Siswa/I SMP SMA. Jadi jumlah sasaran 1800 Orang, sementara Puskesmas Baun sudah lakukan vaksinasi sekitar 900 Orang yang tersebar di 9 sekolah SMP dan SMA.

Harapanya, healt imunity minimal 70 persen di Kecamatan Amarasi Barat ini bisa tercapai.

Terkhusus untuk hari ini, target yang harus dicapai 500 dari sekitar 5000 Orang yang belum di vaksinasi. Dirinya berharap bisa tercapai karena di Kelurahan Teunbaun merupakan kali ke empat berlangsungnya vaksinasi.

“Sehingga sebagian besarnya sudah mendapat vaksinasi, sedangkan ini juga dari beberapa Desa tetangga terdekat yang memberikan kontribusi juga untuk kita hari ini. Jadi bagi yang belum bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan vaksinasi”, beber Pariukas.

Yorim Masus, warga Kelurahan Teunbaun kepada media mengatakan, hari ini merupakan vaksinasi kedua yang Ia dapatkan, vaksin pertama sudah terlaksana, dan usai vaksin pertama Ia tidak mengalami gajala-gejala apa pun sehinggia aktifitas rutinnya sebagai tukang kayu dapat berjalan dengan baik.

Walapun awalnya di masa Pandemi sempat mengalami kemacetan namun akhirnya bisa berjalan stabil seperti semula.

Ia mengaharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Kupang apa bila Pandemi Covid–19 mulai berkurang agar kebutuhan Anak Sekolah atau PKBM bisa berjalan normal.

Pantauan media ini, pelaksanaan vaksin massal berjalan aman sebagai mana dibantu oleh beberapa Anggota Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Amarasi Barat. (Boy)

  • Bagikan