IAD Wilayah NTT Gelar Penghijauan, 100 Anakan Pohon Ditanam di Halaman Kantor Kejari Kabupaten Kupang

  • Bagikan

OELAMASI, -KlikNTT.Com_ Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD) Wilayah NTT melaksanakan kegiatan penghijauan atau penanaman anakan pohon di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang, Rabu (27/10/2021) pagi.

Sebanyak 100 anakan tanaman buah-buahan dan pohon penghijauan ditanam di halaman kantor Kejari Kabupaten Kupang yang berlokasi di sivic center Oelamasi tersebut.

Hadir Kajati NTT Dr Yulianto sekaligus Pengawas IAD Wilayah NTT didampingi Ketua IAD Wilayah NTT Ny. Yessi Yulianto.
Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kupang yaitu Bupati Kupang Drs Korinus Masneno, Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung, Perwakilan Dandim 1604/Kupang, termasuk Sekda Kabupaten Kupang Ir Obed Laha dan Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi Erianto Siagian, SH.,MH.

Dalam proses penanaman tersebut, Kajati NTT juga didampingi Asisten Pembinaan, Juli Isnur, SH.,MH., dan Kabag Tata Usaha, Anton Londa, SH.,MH.

Turut bersama para pengurus dan anggota IAD Wilayah NTT dan IAD Daerah Kabupaten Kupang.

Proses penanaman dipandu langsung oleh Kajari Kabupaten Kupang Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., dan Ketua IAD Daerah Kabupaten Kupang Ny. Melanie Angsar.

Kajati NTT Dr Yulianto dalam sambutannya, berharap kegiatan penanaman pohon dapat diteruskan dan ditingkatkan.

“Kegiatan menanam pohon saat ini memang tidak kita nikmati sekarang, tapi kita tidak tahu di waktu yang akan datang mungkin di bawah pohon itu ada orang berteduh karena kehujanan, begitupun mungkin ada buah yang dinikmati dari pohon itu. Pahala itu akan mengalir kepada kita yang menanamnya,” ungkap Kajati.

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan sebuah inovasi yang luar biasa dari IAD sehingga harus didukung. “Saya suport penuh,” imbuhnya.

Sementara, Ketua IAD Wilayah NTT, Ny. Yessi Yulianto, dalam sambutannya, mengatakan, penanaman pohon merupakan salah satu program IAD Wilayah NTT pada Bidang Sosial Budaya sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian alam.

IAD NTT menurut Ny. Yessi, terus berusaha untuk melaksanakan seluruh program kerja yang telah ditetapkan.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat IAD Wilayah NTT untuk tetap melaksanakan berbagai kegiatan sebagai implementasi program kerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ny. Yessi melanjutkan, kegiatan penghijauan atau penanaman pohon tersebut sebagai bentuk kepedulian IAD untuk ikut menyelamatkan dan melestarikan bumi yang semakin tua dari bahaya kekeringan dan bencana alam.

“Kegiatan penghijauan ini dimulai dari lingkungan terdekat kita, seperti hari ini ditanam pohon pelindung maupun buah-buahan di lingkungan sekitar kantor Kejari Kabupaten Kupang,” sebut Ny. Yessi.

“Dengan hamparan lahan yang luas, setidaknya beberapa tahun ke depan akan membawa manfaat yang besar kepada penerus kita di masa yang akan datang, dan juga akan terselamatkannya hutan, tanah dan air untuk kelangsungan hidup,” lanjut dia.

Bupati Kupang Korinus Masneno juga mengapresiasi kegiatan penghijauan atau penanaman pohon yang dilakukan IAD Wilayah NTT di komplek civic center, khususnya halaman kantor Kejari Kabupaten Kupang.

“Kami berterima kasih atas dorongan moril ini. Bukan soal bapak (Kajati, Red) menanam berapa pohon. Tetapi ketika bapak datang, itu adalah motivasi untuk kami berbuat lebih dari apa yang telah dibuat hari ini,” kata Korinus.

Orang nomor satu di Pemkab Kupang itu menambahkan, Kabupaten Kupang menerapkan sivic center atau semua instansi yang berkaitan dengan Kabupaten Kupang berada dalam satu lokasi, termasuk di dalamnya kantor atau lembaga vertikal seperti Pengadilan, Kejaksaan dan Kantor Agama.

Sivic center juga menurut Korinus, baru digunakan dan masih memerlukan pembenahan lebih lanjut, termasuk upaya penghijauan atau penanaman pohon sehingga menjadi sejuk dan indah.

Kajari Kabupaten Kupang, Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH., dalam sambutannya, berterima kasih kepada Ketua IAD Wilayah NTT yang telah memilih Kejari Kabupaten Kupang sebagai lokasi kegiatan penanaman pohon tersebut.

“Kehadiran bapak Kajati dan ibu merupakan kehormatan sekaligus motivasi bagi kami untuk terus menanam dan menghijaukan wilayah ini. Karena seperti yang kita lihat di sivic center ini masih perlu banyak pembenahan dan pembangunan untuk memperindah tempat ini,” kata Kajari.
“Ketika kita merasa nyaman karena keindahan, pasti pekerjaan yang kita laksanakan di sini akan lebih lancar,” sambung mantan Kajari Lembata.

Terpantau, kegiatan penanaman pohon dilakukan Kajati NTT dan Ketua IAD NTT bersama Forkopimda.

Kajati NTT juga tampak mendampingi Forkopimda hingga seluruh lubang yang disiapkan ditanami anakan pohon. (*)

  • Bagikan