Pembangunan Terminal Type A Kota Kupang di Lanjutkan Bulan Ini

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Pembangunan Terminal Penumpang Type A Kota Kupang Tahun 2019 lalu yang di nilai tidak terselesaikan oleh Masyarakat hingga Tahun 2022 ternyata sudah mulai di lanjutkan Bulan ini (Juni tahun 2022).

Demikian hal ini diungkapkan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah XIII NTT, Tito Gesit melalui PPK, Yandro kepada media ini di kantornya Rabu, (29/06/22) siang yang lalu.

Ia mengatakan, berkaitan dengan Pembangunan Pekerjaan Terminal Type A Kota Kupang, Kelurahan Bimoku, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang tersebut yang belum terselesaikan akan dilanjutkan dalam bulan ini hingga Tahun 2023.

Pekerjaan ini dilakukan secara bertahap dimulai dari Tahun 2018, 2019, 2020 dan di lanjutkan pada Tahun ini.

Khusus untuk pembangunan tahun ini sampai Tahun 2023 menggunakan dana dari Anggaran SBSN (Surat Berharga Syahriat Negara). Jadi ini melalui dana aplikasi Negara yang dikucurkan untuk pembangunan, bukan APBN.

Tender juga telah dilakukan dengan persetujuan multi years menteri keuangan, yang tersedia sekitar Rp33.700 miliar, nilai fisik Rp32,9 miliar, superfisi atau pengawasan Rp880 miliar.

Memang di Tahun 2021 tidak dapat dilanjutkan karena dengan adanya pandemi Covid–19 sehingga Anggaran di revokusing.

“Ia dengan adanya covid ini kondisi keuangan, sehingga pekerjaan dilaksanakan sesuai anggaran yang tersedia, item per item dan bukti di lapangan itu memang belum selesai, sehingga mohon maaf kepada masyarakat namun secara pertahap atau per item sudah selesai”, jelasnya

Sehingga di Bulan ini jika tidak ada kendala, pekerjaan bisa berjalan drngan baik hingga selesai, dan beroprasi supaya masyarakat bisa menikmati.

Dirinya menambahkan bahwa terkait dengan masalah lahan, pihak kementrian perhubungan darat dan laut mempunyai surat dari BPN Kota Kupang bahwa untuk sementara lahan ini tidak ada dalam lahan sengketa. Namun, dalam proses pemecahan sertifikat.

“Jadi yang sementara beredar di masyarakat bahwa sementara sengketa, untuk yang tanah khususnya kami, saya tidak berkomentar tanah yang lain tetapi untuk tanah khususnya yang terminal type a tidak ada kendala dan puji Tuhan ini di buktikan dengan pertanahan kota kupang”, ungkap yandro.

Sementara Direktur Cabang, PT. Hisar Makmur atau kontraktor pelaksana, Victor Sianto kepada media ini Rabu (28/06/22) sore yang lalu di lokasi pekerjaan mengatakan, pekerjaan ini melalui proses lelang murni dan untuk sementara pihaknya masih persiapan untuk dikerjakn dalam bulan ini.

“Jadi untuk sementara kita sudah mulai adakan persiapan-persiapan baik itu mobilisasi material, semua peralatan, karena ini konstruksi baja, kita sudah mulai kerja”, ungkapnya singkat. (Boy)

  • Bagikan