Kendaraan PT Karunia Isi BBM Subsidi di SPBU, ‘Manejer Bantah Lakukan Pelanggaran’

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Sungguh ironi, bila Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang seharusnya diperuntukkan bagi Masyarakat tidak mampu ini justru diselewengkan dan dinikmati Orang-orang kaya secara terus-menerus dan berlangsung lama hingga bertahun-tahun.

Pasalnya, Seperti yang terekam dalam dua video viral berdurasi 23 dan 32 detik yang berhasil diperoleh media ini pada 1 September lalu.

Dimana, dalam video yang direkam tertanggal 31 Agustus 2022 tersebut memperlihatkan dua kendaraan industri angkutan barang roda enam milik Erwin Yoseph, Direktur PT Karunia tertangkap kamera sedang melakukan pengisian BBM subsidi Bio Solar di SPBU-nya sendiri di Oebelo, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Menanggapi persoalan BBM bersubsidi tersebut, Manager SPBU Oebelo, Gusti Pelt Kepada awak media diruang kerjanya, Kamis (1/9/22) lalu membenarkan, pihaknya telah melakukan pengisian BBM bersubsidi Bio Solar keoada dua kendaraan industri Fuso roda enam milik  PT Karunia tersebut.

Menurut dia, saat pengisian solar subsidi kendaraan industri 6 roda milik PT Karunia ini sedang dalam keadaan kosong tanpa muatan dan hal ini dibenarkan. Sebaliknya jika bermuatan saat pengisian itu tidak dibenarkan.

“Kendaraan fuso ada versi 6 roda dan 10 roda,  fuso 6 roda bisa mengisi bahan bakar subsidi Bio Solar namun tidak menutup kemungkinan kita ada batasan tidak boleh lebih dari 200 liter. Ini bukan baru kali ini saja, selama ini kami buat begitu, enam roda boleh isi yang tidak boleh itu kendaraan10 roda, itu harus dexalite”, ungkapnya.

Apa yang dilakukan sudah sesuai aturan yang diatur dalam Keppres 191 tentang bahan bakar subsidi berupa solar bagi kendaraan 4, 6 dan 10 roda Kategori Kendaraan industri yang dimaksud sesuai Keppres 191.

Lebih lanjut, pengisian BBM bagi kendaraan box 6 roda, Itu pun harus tanpa muatan.

“Sekalipun itu kendaran Industri, Kendaraan angkutan barang berupa material tambang galian C seperti pasir, batu dll saat pengisian kalau tidak ada muatan maka tidak masalah tapi kalau ada muatan baru datang isi tidak bisa. Pokoknya kendaraan 10 roda atau lebih itu harus dexalite”, jelasnya.

Untuk diketahui, sejak didirikan beberapa tahun lalu, SPBU Oebelo sudah melakukan pengisian BBM bersubsidi kepada semua kendaraan industri roda enam milik Erwin Yoseph Direktur PT Karunia. (boy)

  • Bagikan