Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

WVI Hadir Untuk Mengajarkan Masyarakat Hidup Sehat

57
×

WVI Hadir Untuk Mengajarkan Masyarakat Hidup Sehat

Sebarkan artikel ini

Kupang_KlikNTT.com- Kehadiran Wahana Visi Indonesia (WVI) di Kabupaten Kupang, khususnya di Desa Oelnaineno untuk bagaimana mengajarkan Masyarakat bisa memahami pola hidup sehat.

Hal ini dikatakan Komite Air Desa Oelnaineno, Masyarakat, serta Peserta Pelatihan Sensus Wash Menggunakan Aplikasi mWater, Samuel D. Lapikoli kepada media ini usai pelatihan selama yang diadakan selama empat hari di T-more hotel Sabtu, (18/09/22) malam mengatakan, dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh WVI ini memang sangat membantu.

Ia sangat bersyukur karena dengan hasil atau data penduduk yang sudah diadakan sensus di Desanya itu, yang berkaitan dengan Sanitasi dan Air Bersih bisa terkafer dengan baik.

Seperti yang sudah adakan sensus di Desa, semoga masyarakat bisa memahami danĀ  terutama bisa mengajarkan masyarakat tentang pola hidup sehat.

“Ini memang sangat membantu, sehingga kami sangat bersyukur yang mana dengan adanya ini kegiatan, bagaimana bisa ajarkan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat”, jelas Lapikoli.

Lanjutnya, serta dalam sensus atau pendataan bagi masyarakat agar bisa memilik CTPS dan juga jamban suapaya masyarakat lebih tentang pola hidup sehat.

Dirinya sangat mengharapkan, sebenarnya melakukan sensus itu di semua dusun namun dengan keterbatasan waktu sehingga sebatas dua dusun saja, harusnya empat dusun karena antara dusun 2 dan 4 itu daerah yang sangat krusial.

Sehingga dengan adanya kegiatan ini, jangan hanya sekedar mengambil data saja, tapi harus ada bukti ril di lapangan.

“Kita bisa buat satu wadah untuk penampungan air bersih agar masyarakat bisa mengambil air”.

Ia menambahkan bahwa bagi Pemerintah di saat pengambilan data itu harus benar-benar melihat kondisi atau situasi yang ada di dalam Desa. Karena masyarakat di Desa itu merupakan masyarakat mempunyai Pemimpin baik itu Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan juga Desa.

Sementara dr. Maria Adrijanti, Health manegerĀ  WVI Nasional Office (NO) kepada media ini mengatakan, dengan adanya Sensus atau pengambilan data dalam menggunakan mWater ini membawa dampak baik.

Yang mana data ini akan dianalisa, menferifikasi, belajar mengolah data dan akhirnya merekomendasikan dari hasil temuan tersebut untuk diserahkan kembali ke Desa. Dengan harapan akan bermanfaat ke depan.

Turut Hadir, Gracela Napu sebagai Monitoring evaluasi dan learning specialist wash BP, Emilty Aryanti Wash Office WVI NO, C. Vita Aristyanita Health Spesialis, Emily Karyanto Wash Officer NO, WVI Area Program Timor Alor (Timora), Kota Kupang-TTS, WVI Kabupaten Kupang, WVI Kabupaten Ngada, Ende, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dan Pokja Infrastruktur BAPPEDA Kabupaten Kupang, serta Komite Air Oelnaneno. (Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *