DPRD Kabupaten Kupang Dukung Pembangunan Sport Center PON 2028

  • Bagikan

Oelamasi_KlikNTT.com- Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kupang sangat mendukung pembangunan Sport Center Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2028 yang akan dibangun di Tilong, Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang dengan luas lahan yang dipersiapkan sekitar 40 hektar.

Tidak sekedar isapan jempol belaka, niat dan dukungan bagi pembangunan Sport Center PON 2028 di Kabupaten Kupang sudah mendapat respon positif dari Pemerintah Propinsi NTT dan Pusat yakni Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Bukan 40 hektar luas lahan yang akan dipersiapkan, bahkan mencapai 70 hektar pun Pemerintah Kabupaten Kupang akan menyiapkan lahan tersebut.

Di mana NTB dan NTT akan menjadi tuan rumah PON 2028 yang akan di helat nanti.

Hal ini di unagkapkan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kupang, Johanis Mase kepada media Senin 26/09/22 siang.

Ia mengatakan PON 2028 yang akan di laksanakan di NTT adalah 2 Kabupaten yang menjadi centra untuk menuju PON 2028.

Oleh karena itu, salah satu poin yang Kabupaten Kupang miliki yakni, GOR yang telah di bangun sangat representatif untuk dijadikan fasilitas dalam pertandingan PON nanti. Untuk menunjang terselenggaranya PON 2028, Pemerintah Pusat akan mempersiapkan infrastruktur lainnya termasuk stadion olahraganya.

Karena di Kabupaten Kupang mempunyai lahan yang cukup luas. Ia meyakini bahwa Kabupaten Kupang memiliki 70 persen lahan yang laus sehingga dari Kemenpora sudah melakukan survei untuk pembangunan stadion yang akan di bangun Tahun 2023.

Sebagaimana terdapat dua tempat yang sudah di survei itu yakni Lapangan Kayu Putih Oesao, dan Tilong.

Ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Pusat, karena itu supaya Kabupaten Kupang mendapat perhatian atau kepercayaan dari Pemerintah Pusat, maka kucuran dana yang telah di berikan untuk pembangunan GOR agar dapat di manfaatkan.

Ia bersyukur karena setelah sidang perubahan, Pemerintah akan membayar upah kepada pihak ketiga atau kontraktor pelaksana. Kalau ini sudah bisa di lakukan maka GOR sudah bisa di manfaatkan dan Pemerintah pusat akan datang lebih khusus lagi untuk pembangunan stadion olahraga.

“Ini saya yakin kalau sudah di lakukan dan gor sudah bisa di manfaatkan, maka pemerintah pusat lebih serius untuk membangun infrastruktur lainnya yaitu stadion olahraganya sebagai centra olahraga di ntt yaitu ada di kabupaten kupang. Kita sangat bersyukur, dan saya juga sudah mendapat komunikasi via wa dengan kemenpora agar dalam waktu dekat saya bersama dengan kadispora dan beberapa teman untuk kita ke sana,  untuk kita bahas bersama. Secara kelembagaan dan perwakilan suara rakyat, dprd sangat mendukung”, pungkasnya.

Ia menambahkan bahwa hal ini sangat luar biasa, karena kalau Pemerintah mengandalkan APBD Kabupaten Kupang untuk pembangunan sarana olahraga lainnya berarti tidak cukup.

Oleh karena itu Ia bersyukur karena Pemerintah Pusat ingin memperhatikan Kabupaten Kupang, mestinya Pemerintah harus memanfaatkan kesempatan ini artinya Kabupaten Kupang siap untuk mendukung apa lagi dari lembaga DPR sangat mendukung.

“Kalau untuk lahan yang sudah ada bukan saja 40 hektar, bahkan lebih. Yang anamanya centra ya saya pikir 50, 70 hektar pun juga kabupaten kupang susah siapkan. Di tamba lagi denga gor ya itu sudah cukup”, beber Mase. (Boy)

  • Bagikan