Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Peringati HUT Humas Polri, ‘Kapolres Kupang Tanam Mangrove di Pantai Sulamanda’

65
×

Peringati HUT Humas Polri, ‘Kapolres Kupang Tanam Mangrove di Pantai Sulamanda’

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Abrasi Pantai Sulamanda dari waktu ke waktu terus saja terjadi. Setiap pengunjung yang hendak berwisata kesana akan disuguhkan dengan pemandangan akar mangrove yang meranggas dibibir pantai, akibat tergerus air laut.

Melihat fenomena yang terjadi, Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H menggagas inovasi menyelamatkan pantai tersebut dengan menanam Mangrove.

Seribu anakan berhasil ditanam tertanggal 23 Agustus 2023 lalu dalam acara Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini di Pantai Sulamanda, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Sebagai tindak lanjut dari aksi tersebut, pada hari ini Jumat (13/10) pagi dalam rangka memperingati HUT Humas Polri ke-72 Tahun 2023, Ia kembali memimpin personil Polres Kupang melakukan pemancangan ratusan pengaman anakan Mangrove dipantai tersebut.

Yang unik dari aksi ini pemanfaatan batang bambu yang dipotong setinggi anakan mangrove lalu dilubangi dan ditancapkan kedalam tanah dengan posisi anakan Mangrove berada didalam bambu tersebut.

Adapun tujuan pemasangan pengaman tersebut adalah untuk melindungi anakan mangrove dari hempasan air laut serta serangan hama.

Selain itu ia juga melakukan replant anakan mangrove yang terancam rusak

“Kami lakukan kegiatan ini dalam rangka HUT Humas Polri, momen ini sangat tepat, dimana kami melihat adanya potensi ancaman pada anakan mangrove yang kami tanam sebelumnya. Kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian Polri pada lingkungan yang kondisinya semakin memrihatinkan”, tandasnya.

Patut diacungi jempol, aksi AKBP Agung ini, pasalnya belum pernah ada inovasi sebelumnya yang dibuat demi menyelamatkan alam pantai seperti yang dilaksanakan hari ini meski dengan cara yang sangat sederhana.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasie Humas Polres Kupang AKP Antonius Seprianus Wodo, Ka SPKT Ipda Yusan Tameon, Kasat Tahti Ipda Petrus Tafui, S.Sos, Kepala Desa Mata Air Ely Luluporo, personil Polsek Kupang Tengah dan mahasiswa Pencinta Lingkungan asal Universitas Muhamadyah Kupang dan Politeknik Negeri Kupang.

Pantauan, ratusan anak mangrove di Pantai Sulamanda telah terpasang Pengaman yang terbuat dari bambu.

Semoga cara unik yang digelar Kapolres Kupang bersama staf Humas Polres Kupang serta Polsek Kupang Tengah ini membuahkan hasil serta patut dijadikan teladan bagi semua pihak untuk peduli lingkungan. (Sumber: tribratanewskupang.com//Tim)