Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Kesehatan

Pemkab Kupang Terus Berupaya Turunkan Angka Stunting

115
×

Pemkab Kupang Terus Berupaya Turunkan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Pemerintah Kabupaten Kupang terus berupaya untuk menurunankan angka stunting, dapat dilakukan Rapat Koordinasi tim percepatan penurunan stunting (rakor TPPS) tingkat Kabupaten Kupang serta sosialisasi Peraturan Bupati terkait penanganan stunting yang dilaksanakan di Kantor Bupati Kupang, Kota Oelamasi hari Jumat, 13-10-2023 lalu.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, selaku Ketua TPPS dalam sambutanya mengatakan, sesuai Perpres No. 72 tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting mengamanatkan penyelenggaraan percepatan penurunan stunting dengan kelompok sasaran meliputi Remaja, Calon Pengantin (usia subur), Ibu hamil, Ibu menyusui, dan Anak berusia 0-59 bulan.

Untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting diperlukan upaya percepatan lintas program dan lintas sektor. Perlu dilakukan sebagai
upaya meningkatkan konvergensi perencanaan dan penganggaran percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi, Daerah, Desa dan bersama pemangku kepentingan yang berkesinambungan.

Penguatan kelembagaan, Menyatukan Program-program untuk penurunan stunting di Kabupaten Kupang; Menguatkan koordinasi dan sosialisasi dan Kolaborasi multipihak dan lintas sektor.

Ia menuturkan, “Peraturan Presiden ini merupakan payung hukum bagi Strategi Nasional (STRANAS) Percepatan Penurunan Stunting yang telah diluncurkan dan dilaksanakan sejak Tahun 2018 dengan lima pilar strategi nasional percepatan penurunan stunting.

Diantaranya Komitmen dan visi kepemimpinan, Kampanye Nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa, Gizi dan ketahanan pangan dan Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

Dirinya berharap, melalui rakor TPPS tingkat Kabupaten Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati terkait Penanganan Stunting ini, maka segala upaya perencanaan, pemantauan dan evaluasi sekaligus penguatan koordinasi lintas sektor.

“Terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah bekerja sama demi menurunkan angka stunting di Kab. Kupang”, jelasnya

Selain itu dalam kegiatan Rapat lainnya bersama Pokja AKI-AKB Kab. Kupang dirinya berterima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam pembangunan kesehatan di kabupaten Kupang, terkhusus kepada USAID-Momentum yang melalui kerjasama kemitraan dengan pemda.

Dirinya mengajak semua pihak terkait untuk terus berkolaborasi dan bekerjasama, baik ditingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ke Desa, termasuk semua unsur lintas sektor baik swasta, akademisi, LSM dan Media Massa untuk memastikan masyarakat kabupaten Kupang dapat dengan mudah memperoleh layanan kesehatan.

Turut hadir, para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang yakni Kepala DP2KBP3A Yesay Lanus, Kadis Kesehatan Kab. Kupang dr. Robert Amaheka, Kepala BP4D Kab. Kupang Dikson Selan, perwakilan Polres Kupang, LSM/NGO, para Camat dan Kapus dan PLKB. (Prokopim Kab. Kupang/***)