Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Wabub Jerry : Stunting Adalah Identifikasi Resiko dan Penyebab Resiko

70
×

Wabub Jerry : Stunting Adalah Identifikasi Resiko dan Penyebab Resiko

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Diseminasi kasus Stunting adalah Indetifikasi yang sangat beresiko dan penyebab Resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin atau sumber data lainnya.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe saat membuka Kegiatan Diseminasi Audit Stunting Di Kabupaten Kupang yang berlangsun hari Rabu, 01-11-2023 di ruang rapatnya.

Selain sebagai Wabup Kupang, yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), Ia mengatakan bahwa Pembangunan Keluarga adalah aspek penting yang mutlak dilakukan demi terjadinya Keluarga berkualitas yang melahirkan Generasi Bangsa yang Sehat, Cerdas, Maju dan Mandiri di segala bidang.

Pembangunan keluarga saat ini dihadapkan dengan tantangan yang harus dihadapi bersama terutama masalah Stunting yang dialami oleh Anak-anak di Kabupaten Kupang.

Diseminasi kasus stunting adalah Indetifikasi Resiko dan penyebab Resiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin atau sumber data lainnya.

“Identifikasi risiko pada kasus Stunting ini adalah menemukan atau mengetahui resiko-resiko potensial penyebab terjadi stunting pada calon pengantin, ibu hamil,ibu nifas, baduta dan balita”, pungkas mantan ketua DPD II Golkar Kabupaten Kupang 2 periode itu.

Lanjutnya, Diseminasi audit kasus Stunting ini diselenggarakan hari ini guna untuk memberikan Intervensi terhadap kasus Stunting yang ada di Kabupaten Kupang khususnya di lokus Desa Sillu, Kecamatan Fatuleu.

“Dari hasil audit kasus Stunting tersebut diperoleh kajian faktor resiko dan penyebab resiko yang dapat menyebabkan terjadinya anak stunting sehingga perlu ada intervensi spesifik dan intervensi sensitif”, beber Manafe.

Orang Nomor II Kabupaten Kupang ini juga berharap agar semua berperan aktif baik itu Masyarakat maupun Unsur-unsur penting lainnya guna Gotong Royong dalam menangani pencegahan stunting di Kabupaten Kupang yang di cintai.

“Untuk itu, mari kita semua turut berperan baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong royong dalam menanggani pencegahan stunting di kabupaten kupang yang kita sama- sama cintai, sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional penurunan di tahun 2024”, ajak Jerry sapaan akrabnya.

Turut mendampingi, para pimpinan OPD terkait lingkup Kgabupaten Kupang, Kepala BP4D Dikson Selan dan, Kepala DP2KBP3A Yesay Lanus, para Dokter dan Kapus serta ahli gizi, Kades Silu, para PLKB dan Kader. (Boy)