Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Pemkab Kupang Selenggarakan Rakor Camat dan Desa Serta BPD Se-Kabupaten Kupang

121
×

Pemkab Kupang Selenggarakan Rakor Camat dan Desa Serta BPD Se-Kabupaten Kupang

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Pelaksanaan Rapat Koordinasi bagi Camat, Kepala Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Kupang yang berlangsung di Kantor Bupati, secara resmi dibuka oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Jumat (22/12/2023).

Hadir dalam rakor ini Wakil Bupati Jerry Manafe, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi NTT Christian Natanael Sianturi, Asisten I Sekda Rima Salean, Kepala PMD Charles Panie, para Camat, Kepala Desa dan BPD se-Kabupaten Kupang.

Bupati Korinus Masneno dalam sambutannya menjelaskan, pada penghujung 2023 ini, ada beberapa tugas dan fungsi Pemerintahan yang harus di koordinasikan antara Kepala Daerah yang dibantu oleh Perangkat Daerah teknis, dengan Camat sebagai koordinator penyelenggara Pemerintahan di Wilayah Kecamatan, Kepala Desa, dan BPD.

“Berhubung pada tahun 2023 dan 2024 kita sedang dan akan menyelenggarakan pemilihan umum, maka perlu saya ingatkan bagi para Camat dan Kades agar terus mendukung proses demokrasi yang sedang berlangsung, bersikap independen dan netral pada kampanye pemilu 2024, tidak berpihak kepada salah satu partai, calon anggota legislatif, dan pasangan tertentu”, jelas Masneno.

Hal lain yang dikatakan dirinya yakni menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Masing-masing menjelang natal dan tahun baru.

Selanjutnya, menyangkut persiapan dalam menghadapi musim tanam. Selain itu, menyangkut kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Para camat, bersama aparatur Desa dan kelurahan diminta Bupati harus mampu menjadi garda terdepan baik dalam pencegahan maupun penanggulangan bencana.

“Lakukan kerjasama harmonis antara Camat, Kades, BPD dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya untuk kemajuan pembangunan desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan. Dan jaga integritas dalam bekerja”, pesan Masneno.

Para Camat dan Kepala Desa pun diminta untuk terus giat mensosialisasikan pola hidup bersih sehat di Masyarakat sehingga menekan angka stunting.

Terhadap Point-point penting yang disampaikan Bupati tersebut, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe meminta agar para Perangkat Desa serius menyikapi dan melaksanakan apa yang disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno.

“Jangan sekali-kali gunakan dana stunting untuk hal-hal lain. Dalam dana desa sekitar dua puluh persennya untuk penanganan stunting. Sementara itu, untuk masalah mitigasi, jika ada kejadian di desa, Camat dan Kades sebagai ujung tombak tingkat bawah bisa tangani lebih dulu sebelum sampai ke Dinas Teknis, mengingat wilayah kita sangat luas dan jaraknya jauh,”kata Jerry

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi NTT, Christian Natanael Sianturi. (Boy)