Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Bupati Kupang, ‘Semangat Pengelolaan Keuangan Harus Tinggi’

153
×

Bupati Kupang, ‘Semangat Pengelolaan Keuangan Harus Tinggi’

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Bupati Kupang, Korinus Masneno mengakui bahwa Semangat Pengelolaan Keuangan Harus Tinggi namun tetap mengefesiensikan program dan kegiatan secara baik.

Demikiang diungkapkan Orang nomor satu Kabupaten Kupang ini saat menyerahkan Dokumen Perecanaan Anggaran (DPA) Lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang Tahun 2024 hari Rabu, 17-01-2024 di ruang rapat Bupati Kupang.

“Pada anggaran 2024 tidak semua keinginan bisa diakomodir. Karena itu saya ingin menyampaikan kepada semua pimpinan OPD, bahwa bukan seberapa besar anggaran, namun bagaimana kita mengcover tupoksi kita. Sebagai pemerintah, kita mengelola uang negara, yang tentunya kita berkeinginan agar semua program bisa dibiayai pemerintah daerah. Tapi karena kita hidup sesuai dengan kondisi keuangan negara yang terbatas sesuai anggaran negara”, jelas

Didampingi Plt. Sekda Kabupaten Kupang Mesak Elfeto, Masneno mengakui bahwa semangat pengelolaan keuangan harus tinggi namun tetap mengefisienkan program dan kegiatan secara baik.

Dikarenakan, terdapat bebetapa rencana pendapatan Daerah yang bisa dicapai, tapi ternyata capainnya sangat jauh.

“Ada beberapa rencana pendapatan daerah yang bisa dicapai, tapi ternyata capaiannya jauh sekali, seperti halnya kerja sama dengan pihak ke tiga ternyata anggaran tidak cukup membayar. Saya harapkan untuk kedepannya, hati-hati dalam pelaksanaan program dengan melihat pendapatan secara baik terlebih dalam pelaksanaan kegiatan fisik”, Ungkapnya.

Ia juga menegaskan kepada seluruh Pimpinan OPD agar Hati-hati dalam melaksanakan pengelolaan anggaran.

Menjaga diri namun juga menjaga DPA terakhir agar dilaksanakan dengan baik dan tidak ada persoalan kedepannya. Juga kepada seluruh staf harus saling mendukung agar bisa bekerja dengan baik sehingga di tahun 2024, pertanggungjawaban bisa berjalan dengan baik pula.

“Kedepannya, dipantau betul dari masing-masing OPD, bantu  asisten dan lakukan evaluasi berkala secara benar agar hasil bisa kita capai bersama”, ujar Masneno.

Diakhir sambutan, Masneno berpesan kepada Kepala BPKAD untuk kedepannya bisa mengurangi tender renovasi. Tidak hanya itu, dirinya juga mengingatkan soal pembiayaan wajib yang harus dilaksanakan salah satunya yaitu TPP harus dibayarkan. Kalau bisa kedepannya dibayarkan tiap 3 bulan sudah bisa dibayarkan kepada pegawai.

Turut hadir, para Staf Ahli Bupati diantaranya Robert Amheka, Marthen Rahakbauw, Asisten 1 Setda Rima Salean, Asisten 3 Setda Novita Foenay, pimpinan OPD dan para Camat Lingkup Pemkab Kupang. (***)