Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Plt. Sekda Kabupaten Kupang Buka Kick-Off KLHS RPJMD Tahun 2025-2030

102
×

Plt. Sekda Kabupaten Kupang Buka Kick-Off KLHS RPJMD Tahun 2025-2030

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Meskh Elfeto resmi membuka kegiatan Kick-Off Meeting penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS RPJMD) kabupaten Kupang Tahun 2025-2023 hari Jumat, 08-03-2024 bertempat di Aula Dinas Lingkungan Hidup.

KLHS merupakan analisis yang sistematis dan menyeluruh untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan terus menjadi dasar yang terintegrasi dalam kebijakan atau rencana program pembangunan suatu wilayah serta memberikan rekomendasi pertimbangan lingkungan pada tingkatan pengambilan keputusan yang bersifat strategis.

Sesuai Permendagri nomor 7 tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan KLHS dalam penyusunan RPJMD, diterbitkan dalam rangka pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat dengan tetap menjaga keberlangsungan sumberdaya dan kelestarian lingkungan hidup.

“Kegiatan kick-off meeting ini diadakan dengan tujuan untuk membentuk tim penyusun kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) kab. Kupang tahun 2025-2030 serta mengklarifikasi peran dan tanggungjawab masing-masing anggota tim, membagikan informasi mengenai rencana kerja, jadwal dan membangun komunikasi yang efektif dan kolaborasi yang baik antara anggota tim, yang nantinya tim ini akan ditetapkan dengan keputusan kepala daerah yang dikoordinir oleh Sekda bersama dengan perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan daerah dengan perangkat daerah yang melaksanakan tugas urusan lingkungan hidup”, jelas Elfeto.

Ia mengatakan bahwa, melalui forum ini semua peserta akan menghimpun berbagai masukan dan saran dari pemangku kepentingan dalam pemenuhan data, perangkingan isu serta masukan terkait penyusunan KLHS RPJMD kab. Kupang.

“KLHS ini nantinya akan menjadi panduan dalam mengarahkan pembangunan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan di kab. Kupang. Untuk itu, segala aspek yang berkaitan dengan KLHS perlu diperhatikan secara serius, salah satunya adalah aspek perubahan iklim. Sehingga penting bagi kita untuk memasukkan aspek perubahan iklim dalam RPJMD, agar kab. Kupang dapat bersiap menghadapi tantangan masa depan dengan bijak. Saya mengapresiasi kegiatan kick-off meeting KLHS ini sebagai langkah kongkret dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, inklusif dan berwawasan lingkungan”, tutur Plt. Sekda kab. Kupang.

Dirinya berharap, agar semua yang hadir saat ini, dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk berdiskusi dan memberikan masukan guna menghasilkan dokumen KLHS RPJMD sesuai dengan baik.

Kepala Bidang Penataan PPLH Dinas Lingkungan Hidup, Dina Afri Ani Tambunan, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran tentang penyusunan dan mekanisme penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2025-2030.

Lebih lanjut, Ia katakan setelah kegiatan hari ini akan dilakukan identifikasi dan pengumpulan data. Diharapkan, setiap OPD agar dapat membantu memberikan data yang dibutuhkan demi terlaksananya penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Kupang tahun 2025-2030.

Turut hadir, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang salah satunya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kupang Paternus Vinsi, para mitra LSM/NGO di kab. Kupang, perwakilan BPS Charles Damaleru, Tim Ahli LP2M Undana Dr. Heri Z. Kotta dan Tim, seluruh peserta Kick Off. (Prokopim Kab. Kupang/***)