Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Dinas Pertanian Kabupaten Kupang Gelar GPM dan Pasar Tani

272
×

Dinas Pertanian Kabupaten Kupang Gelar GPM dan Pasar Tani

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Menjelang Lebaran dan Idul Fitri, Dinas Pertanian Kabupaten Kupang adakan Gerakan Basar Murah, dan Pasar Tani bertempat di kawasan Civic Center Perkantoran Oelamasi, Kabupaten Kupang hari Jumat, 05-04-2024.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, perwakilan Perum Bulog, Id Food, dan di ramaikan para Kelompok Tani dan pelaku usaha pangan lainnya, dengan produk yang dijual antara lain beras, gula pasir, telur, sayuran, dan produk olahan dari petani.

Bupati Kupang Korinus Masneno pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua petani produser yang berasal dari beberapa desa, yang telah mengambil peran aktif di dalam menyukseskan kegiatan GPM dan pasar tani di Civic center Oelamasi.

Tak hanya itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi Id Food, Perum Bulog dan pelaku usaha lainnya yang turut serta ambil bagian dalam acara ini.

Kegiatan ini walaupun digelar menjelang akhir masa jabatan yang tinggal hitung hari, namun Dirinya inginkan semangat kerja kterus dibangun demi kesejahteraan bersama. Semangat tak boleh berubah.

“Hari ini kita bisa begini, pasti besok kita lebih baik. Saya dan bapak Wakil Bupati sampaikan ucapan terima kasih kepada para petani dan pegawai Pemkab Kupang, yang sudah banyak membantu kami dalam membangun Kabupaten Kupang, mengabdi hingga akhir jabatan. Karena sejatinya, kami tak bisa kerja sendiri tanpa campur tangan semuanya”, ungkap Masneno.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai wujud komitmen dan perhatian kita semua untuk membantu serta meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah dan berkualitas.

Kondisi ketersediaan dan akses pangan saat ini memang sedang mengalami penurunan, dampak dari perubahan iklim, sehingga sangat berpengaruh pada meningkatnya harga bahan pangan pokok di Tengah-tengah masyarakat sehingga menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat.

“Guna menyikapi hal tersebut, Pemda berupaya melakukan gerakan panganĀ  murah agar masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga yang relatif lebih murah dari harga pasar namun berkualitas”, beber Masneno.

Pantauan, pada kesempatan itu, Bupati Masneno dan Wabup Jerry Manafe ikut berbelanja bahan pangan pokok. Selain itu, terlihat jualan para kelompok tani laris manis dibelanjakan para pegawai di Oelamasi.

Salah seorang Kelompok Tani, Novi dari Kecamatan Taebenu, yang ditemui saat menjual hasil pertaniannya mengaku bahagia bisa dilibatkan dalam gerakan pangan murah dan pasar tani ini. Yang ia jual dalam pasar tani ini adalah kacang kedelai yang direbus.

Dikatakannya, Pemkab Kupang melalui Dinas Pertanian telah membantu memberikan bibit dan melakukan pendampingan, sehingga besar manfaat yang diterima.

“Walaupun baru pertama kali menjual hasil pertanian ini, tapi banyak yang berminat untuk membeli dan saya syukuri itu. Semoga kedepan hasil pertanian khususnya kacang kedelai ini lebih luas pasarnya,”ungkap dia.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Amin Juariah menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan GPM dan pasar tani ini adalah mendukung stabilitas pasokan dan harga bahan pangan pokok strategis bagi masyarakat terhadap bahan pokok dengan harga terjangkau, menyerap produk pertanian dengan harga yang layak, dan membentuk jaringan pemasaran bagi produsen pertanian.

Bupati dan Wakil Bupati di kesempatan itu juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada kelompok tani berprestasi yaitu kelompok tani Bitimo dari Desa Oh Aem II (Grinder Kopi), dan Kelompok Tani Mointabua dari Desa Enoraen (Handsprayer). (***)