Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Desa Pantulan Sebagai Desa Pertama Terima Penghargaan

82
×

Desa Pantulan Sebagai Desa Pertama Terima Penghargaan

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Desa Pantulan merupakan Desa Pertama yang menerima Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kupang dalam Pengajuan dan Penyaluran Dana Desa (PPDD) Tahun Anggaran 2024 hari Rabu, 19-06-24 bertempat di Aula SMK-PP Kupang.

Desa Pantulan merupakan Desa yang mewakili Kecamatan Sulamu menerima piagam penghargaan ini.

Kepala Desa Pantulan, Kecamatan Sulamu, Buche P. P. A. Paah kepada media ketika di wawancarai usai Rapat Koordinasi, dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan, Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2024 mengatakan bahwa Dirinya menerima penghargaan kinerja.

Bila mana sebagai Kepala Desa tentu tidak terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

Sehingga Ia membangun atau bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan di Desa agar selalu transparansi dalam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa.

“Jadi saya terima penghargaan kinerja yang di mana sebagai kepala desa, saya di desa pantulan itu tidak terlepas dari kekurangan yang kita miliki. Kita harus bangun transparansi antara kita pemerintah desa, masyarakat, bpd, dan tokoh agama, serta tokoh pemuda”, jelasnya.

Lanjutnya, Oleh karena itu APBDes dan LPJ ini di kerjakan secara Bersama-sama agar mencapai target yang di inginkan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“Kita sama-sama kerja. Sehingga mencapai target yang di inginkan oleh pemkab kupang, dalam hal ini PMD”, bebernya.

Untuk Kabupaten Kupang dari 160 Desa, Penyerapan LPJ Dana Desa tahap pertama itu yakni Desa Pantulan.

Ia mengaku bahwa, bahkan untuk Propinsi NTT sesuai yang sudah Ia lihat dalam LHKPP, Desa Pantulan yang urutan pertama.

Sedangkan untuk pencairan Dana Desa tahap kedua sudah masuk ke rekening. Tetapi belum bisa cair karena apa bila dilihat dari Nomenklatur yang ada, maka bisa dicairkan dalam bulan Juli atau bulan Agustus. Namun untuk BLT bisa dicairkan sekarang dalam tiga bulan.

Tambahnya, untuk Dana Desa Tahun 2024 sebesar kurang lebih, Rp816 juta lebih, dan ADD Rp300 juta lebih, sehingga total Satu miliar Seratus Enam Belas lebih.

Sehingga di Tahun 2024 ini, Dana Desa ia fokus pada Ketahanan Pangan, BLT, Stunting, daln bantuan untuk Masyarakat kurang mampu.

“Jadi Itu kita terbuka semua di masyarakat. Disaat pelaporan dan pertanggung jawaban kita tidak pusing dengan kuitansi. Karena semua bekerja sama. Jadi berapa yang kita dapat dari dana desa atau add, itu kita transparan untuk semua”, pungkasnya.

Kalau khusus ADD ini di semua pembayaran Silkap, penghasilan tetap dan tunjangan Rt/Rw, bahkan Perangkat Desa. (Boy)