Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Daerah

Polres Kupang Beradaptasi Bangun Sinergitas Demi Perkembangan Jaman

244
×

Polres Kupang Beradaptasi Bangun Sinergitas Demi Perkembangan Jaman

Sebarkan artikel ini

Oelamasi_KlikNTT.com- Dalam merayakan HUT Bhayangkara yang ke-78 Tahun 2024 dengan tema ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’, Kepolisian Resor (Polres) Kupang memaknai sebagai sinergitas Beradaptasi Dalam hal ini Profesionalisme Polri demi Perkembangan Jaman.

Hal ini diungkapkan Kapolres Kupang, AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata S. I. K,. M. H di Sela-sela syukuran bersama para undangan di Polres Kupang Senin, 01-07-24 siang.

Di awal sambutanya, Ia mengatakan bahwa dalam perayaan HUT Bhayangkari ke-78 Tahun 2024 dengan tema yang ada, dapat Ia sampaikan bahwa maknanya sebagai sinergitas di dalam beradaptasi dalam hal ini profesionalisme Polri dalam perkembangan jaman.

Selaku Kapolres Kupang, Ia tak lupa dengan rasa bersyukur dan menyampaikan profeciat atas HUT Bhayangkari ke-78 Tahun 2024.

Dalam melaksanakan tugas pokok Polri, khusus Polres Kupang ini dapat Ia menyampaikan kepada para undangan bahwa situasi dan kondisi khamtibmas sampai hari ini kurang lebih sekitar awal tahun 2024 hampir enam bulan.

Sebagian besar kejahatan yang terjadi yaitu kejahatan konfensional seperti penganiayaan, pengeroyokan, beberapa kasus pencurian, dan juga terjadi kasus asusila atau persetubuhan anak.

“Pada kesempatan ini dapat kami sampaikan agar mohon dukungan dari seluruh stakeholder, seluruh lapisan masyarakat, dalam pelaksanaan tugas kami untuk menjaga situasi khamtibmas di kabupaten kupang dalam keadaan kondusif”, bebernya.

Lehih lanjut, Dalam era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini transportasi Ekonomi menjadi kunci utama untuk mencapai kesejahtraan.

Sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat, memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan transportasi tersebut. Harus mampu memberikan jaminan keamanan yang kondusif bagi iklim infestasi dan mendukung Pemerintah serta memastikan keadilan inklusifitas bagi seluruh lapisan Masyarakat.

“Inklusif ini kita tidak bisa sendiri, jadi kita mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh kelompok, TNI, bangun sinergitas untuk membantu percepatan ekonomi untuk menggapai Indonesia Emas pada tahun 2045. Kolaborasi dan kerja sama yang baik akan memperkuat kapasitas kita dalam menghadapi berbagai tantangan, dan ancaman, serta mewujudkan transportasi ekonomi inklusif berkelanjutan guna terwujudnya Indonesia Emas 2045 yang kita citakan bersama”, tegasnya.

Di tahun 2024 menjadi sejarah perjalanan Bhayangkara di tengah pesta demokrasi Indonesia, Polres Kupang bersama TNI, penyelenggara Pemilu, dan Element Masyarakat lainnya berjuang bersama mengawal demokrasi dan menjaga kebersamaan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Ia bersyukur juga karena Pemilu 2024 di Kabupaten Kupang situasi berjalan Aman dan Lancar, Tentram, serta dalam suasana yang sejuk. Semua ini karena memiliki Cita-cita untuk Indonesia Maju.

Atas berbagai pelaksanaan tugas, Masyarakat menilai positif Citra Polri sebesar 73,1 persen berdasaraknan survei. Ini merupakan hal yang baik dan bukti nyata bahwa Polres Kupang berupaya mewujudkan Polri yang Presisi dan telah mendapat apresiasi dari Masyarakat.

Sebentar lagi akan menuju penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024. Oleh karena itu Polres Kupang telah melakukan pemataan melalui indeks kerawanan Pilkada sebagi dasar untuk melaksanakan Operasi Mantapraja 2024 dan melakukan kegiatan konsisten.

Dirinya meminta dukungan dari Semua Element Masyarakat dan seluruh Instansi agar Pilkada serantak yang akan terlaksana di tanggal 27 November 2024 ini berjalan baik.

Hari rangkaian Bhayangkara tahun ini menjadi bagian sistem untuk menumbuhkan kepedulian dan kebersamaan masyarakat dari Olahraga bersama, membangun fasilitas air bersih, bhakti kesehatan, pembagian Bansos, bedah rumah, bhakti realigi, dan Doa bersama.

Kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara Polri, TNI, Stakeholder, dan seluruh element Masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah Kabupaten Kupang.

“Kita menyadari bahwa mewujudkan indonesia maju tidaklah mudah. Tantangan ke depan semakin komplit dan tidak menentu. Untuk itu polres kupang terus bergandengan untuk terus belajar beradaptasi melakukan pembenahan berkelanjutan sehingga dapat memberikan pengabdian terbaiknya dalam mewujudkan khamtibmas yang kondusif, serta memastikan semua aspek keamanan dan ketertiban dapat berjaga dengan baik”, pungkasnya.

Penjabat Bupati, Alexon Lumba menyampaikan selamat merayakan HUT kepada seluruh Anggota POLRI, khususnya di lingkungan Polres Kupang dan Polsek se-Kabupaten Kupang.

“Selamat Hari Bhayangkara ke – 78. Jadilah pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat yang profesional, modern dan terpercaya. Polri adalah tiang penyangga yang tak tergoyahkan dalam perjalanan menuju Indonesia Emas”, kata Lumba.

Ia ingin agar momentum peringatan hari lahir ini dijadikan sebagai sarana refleksi atas seluruh pengabdian selama ini, serta berani melakukan Inovasi-inovasi sebagai terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

“Dengan semangat bhayangkara, kami percaya polri mampu menjadi garda terdepan dalam memerangi segala bentuk ancaman yang merongrong stabilitas dan kemajuan bangsa. Keamanan bukan hanya tentang menjaga ketertiban, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang memungkinkan setiap warga negara berkontribusi secara maksimal terhadap pembangunan”, ungkap Pj.Bupati.

Acara dikemas dengan penyerahan kue ultah dari Pemkab Kupang dan TNI, pemotongan tumpeng oleh Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Polres Kupang, serta penyerahan tumpeng bagi Anggota Polres Kupang. (Boy)